Cara Masuk UI Universitas Indonesia


Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Agar Lolos Ujian Masuk UI

Di Indonesia terdapat puluhan ribu Unversitas negeri maupun swasta yang tersebar di seluruh daerah. Keduanya sama-sama telah mendapatkan ruang di hati para mahasiswanya. Tentu ada alasan tersendiri dalam mereka menentukan jenjang pendidikanya itu, apakah ke PTN ataukah ke PTS.  Namun Universitas negeri terbaiklah yang biasanya paling banyak diidam-idamkan oleh para calon mahasiswa unggulan. Berbicara tentang Universitas negeri terbaik, kita akan langsung diingatkan pada satu nama yaitu Universitas Indonesia. Universitas yang biasa kita lafalkan UI ini kampus utamanya terletak di bagian Utara dari Depok, Jawa Barat, tepat di perbatasan antara Depok dengan wilayah Jakarta Selatan. Universitas Indonesia menyelenggarakan program pendidikan jenjang D3, S1, S2, S3, Profesi dan Spesialis.

Bagi calon mahasiswa yang ingin berkuliah di kampus beralmamater kuning ini, perlu memperhatikan beberapa gambaran terkait bagaimana cara untuk bisa masuk UI. UI memberikan kemudahan dengan adanya beberapa pilihan jalur ujian masuk. Salah satunya yaitu melalui jalur undangan. Jalur undangan biasa disebut dengan SNMPTN. Jalur undangan adalah jalur dimana nilai raport SMA dari semester I sampai dengan semester V dikumpulkan dengan ratusan raport siswa lainnya untuk diseleksi dan dipilih mana yang memenuhi kriteria nilai tertinggi dan terbaik.

Kemudian melalui jalur PPKB. Jalur PPKB ini diambil dari nilai prestasi di luar sekolah. Contohnya, jika siswa pernah berprestasi dalam ajang lomba tingkat mancanegara dan tersertifikat, siswa diminta menyerahkan sertifikatnya ke bagian administrasi untuk dijadikan bahan pertimbangan. Terkait hal ini, semakin tinggi prestasi seorang siswa, maka semakin besar pula peluang untuk masuk UI.

Kemudian ada lagi yaitu melalui jalur SBMPTN, jalur SBMPTN  (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Jalur ini biasanya yang paling banyak diikuti para pelajar dari tahun ke tahun. Dan yang terakhir melalui jalur mandiri. Jalur mandiri biasa disebut dengan nama SIMAK UI. Jalur ini adalah yang paling susah di antara alternatif jalur yang lain untuk masuk UI. Ujian jalur SIMAK UI sama persis seperti pada ujian jalur SBMPTN. Perbedaannya hanya di Tes Potensi Akademik. Jalur tes SIMAK UI hanya meliputi Tes Bidang Studi Dasar dan Tes Bidang Studi IPA / IPS.

Melihat dari gambaran itu, calon mahasiswa semestinya bisa lebih menyiapkan diri dengan mencari ‘senjata’ yang tepat untuk bisa melalui beberapa jalur. Semisal, dari sekarang mulai mencari informasi terkait UI pada para senior atau website resminya. Mulai mengumpulkan dan mempelajari jenis-jenis soal yang diujikan di ujian masuk UI. Mulai menentukan jurusan yang sesuai dengan minat dan kemampuan. Mulai mengukur kualitas diri baik dari segi belajar maupun upaya lainnya. Membuat target belajar yang efektif menjelang diadakannya ujian masuk UI. Upayakan untuk selalu melibatkan diri pada aktivitas belajar di sekolah maupun mengikuti program bimbel atau les privat. Demikianlah apa-apa yang perlu diperhatikan seorang calon mahasiswa yang ingin lolos mengikuti ujian masuk UI.

 



Leave a reply

three + seven =