Les , Guru dan Tutor Privat Fisika di Jakarta


Tidak Selalu Mata Pelajaran Fisika Sulit dan Membosankan

Bimbel Les jakarta – Tidak sedikit siswa yang mengeluhkan tentang sulitnya menyerap materi mata pelajaran fisika. Benar saja, fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang memiliki karakterisik yang berbeda dibanding cabang ilmu IPA lainnya seperti biologi, kimia maupun matematika. Selain itu peserta didik sudah terlanjur berpradigma bahwa materi mata pelajaran fisika cinderung membosankan. Fisika berasal dari bahasa Yunani “physic” yang artinya alam. Jadi dapat diartikan ilmu fisika adalah suatu ilmu pengetahuan yang di dalamnya mempelajari tentang sifat dan fenomena alam atau gejala alam serta seluruh interaksi yang ada di dalamnya. Di dalam mempelajari fenomena atau gejala alam, fisika menggunakan proses yang terdiri dari pengamatan, pengukuran, analisis, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan yang diperoleh harus berdasarkan sikap yang ilmiah, yaitu objektif, menghargai fakta-fakta, jujur, sabar, tidak mudah menyerah, ulet dan teliti dalam mengambil suatu kesimpulan.

Realitasnya, fisika meski sering menjadi masalah bagi siswa, namun bukan berati ilmu ini tidak penting  untuk diaplikasikan di kehidupan sehari-hari.  Banyak peristiwa-peristiwa terjadi di sekitaran kita tanpa kita sadari semua itu berkaitan dengan ilmu fisika. Seperti misalnya yang paling mendasar adalah ilmu fisika telah memengaruhi sikap positif terhadap keteraturan dan keindahan alam serta mengagungkan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa. Kemudian dari segi afektif, fisika membentuk sikap ilmiah yaitu jujur,  objektif, terbuka, ulet, kritis dan dapat bekerjasama dengan orang lain.  Mengembangkan pengalaman untuk dapat merumuskan masalah, mengajukan dan menguji hipotesis melalui percobaan, merancang dan merakit instrumen percobaan, mengumpulkan, mengolah, dan menafsirkan data, serta mengomunikasikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis. Contah lainnya seperti mengembangkan kemampuan bernalar dalam berpikir analisis induktif dan deduktif dengan menggunakan konsep dan prinsip fisika untuk menjelaskan berbagai peristiwa alam dan menyelesaian masalah baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Jadi jelas bahwa mata pelajaran fisika tidak bisa dianggap sebelah mata.

Hal penting lainnya adalah apa yang harus dilakukan seorang siswa agar terbantu dalam mempelajarinya. Tentu ini akan jatuh pada pilihan menentukan metode pembelajaran yang lebih baik. Metode pembelajaran yang diharapkan biasanya tidak didapat di sekolah umum. Maka perlu adanya alternatif lain seperti sekolah non formal semisal bimbel. Di bimbel siswa bisa lebih intens dalam bertanya maupun menyerap materi. Untuk mencari bimbel pun sebetulnya sangatlah mudah karena sudah banyak dijumpai. Di Indonesia sangat banyak sekali pengusaha yang membuka jasa layanan Guru dan tutor privat. Khususnya di ibu kota Jakarta, pertumbuhan jasa guru dan tutor privat berkembang pesat di sana. Mendapati fakta ini, seharusnya siswa tak perlu mengkhawatirkan lagi bagaimana mereka bisa mempelajari fisika dengan baik sesuai dengan harapan. Karena mereka telah terbantu dengan adanya jasa tutor privat.



Leave a reply

three + twelve =