Les, Guru, Tutor privat dan bimbel SBMPTN


Bimbel Jakarta – Ada dua masalah yang akan dihadapi oleh seorang siswa menjelang akhir masa sekolahnya. Pertama adalah UN atau Ujian Nasional. Sementara yang kedua yaitu SBMPTN. Apa yang dimaksud SBMPTN? SBMPTN adalah singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Sesuai dengan pengertiannya, tujuan SBMPTN yaitu menyeleksi calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik.  SBMPTN sama pentingnya dengan UN. Jika UN hanya berorientasi pada hasil belajar. Maka SBMPTN adalah fase kelanjutan setelah masa menjalani UN. Setiap siswa yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi, mereka akan melalui proses ini.

Ada pun prosedur atau cara pelaksanaan SBMPTN bisa melalu dua cara. Seleksi dilaksanakan di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (Paper Based Testing) atau menggunakan komputer (Computer Based Testing), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa. Dari dua cara tersebut diperoleh keuntungan dalam segi fleksibelitas maupun hemat biaya karena adanya lintas wilayah. Unsur lain yang juga penting adalah pengadaan soal-soal tes yang sudah melalui proses pengembangan sesuai kaidah-kaidah akademis. Nantinya diharapkan pada para peserta SBMPTN mampu mengukur keterampilan yang dimilikinya antara penalaran tingkat tinggi (higher order thinking), yang meliputi potensi akademis, penguasaan bidang studi dasar, bidang sains dan teknologi (saintek) dan/atau bidang sosial dan humaniora (soshum).

Bagi sebagian siswa, ada yang jauh-jauh hari sudah merencanakan akan kemana mereka melanjutkan jenjang pendidikan. Maka mereka biasanya akan mulai menyusun agenda dengan diawali mencari informasi perguruan tinggi negeri yang diminatinya. Lalu dilanjutkan dengan melakukan pengembangan kualitas belajar. Mengingat bahwa kompteisi SBMPTN terbilang tidak mudah, maka mereka harus menemukan formula yang tepat sebagai upaya menghadapi persaingan tersebut. Cara yang paling sering dilakukan salah satunya adalah melibatkan diri pada akitivitas belajar baik di sekolah maupun luar sekolah. Kebanyakan dari mereka merasa tidak cukup jika proses pembelajaran hanya dilakukan di sekolah saja. Siswa masih membutuhkan stimulus intensif dalam menentukan cara belajar maupun memutuskan akan kemana mereka melanjutkan pendidikannya. Tentu kondisi ini akan mengarah pada pemilihan pendidikan non formal. Tutor privat adalah solusi yang tepat dalam mengatasi kebutuhan tersebut. Dengan mengedepankan pembelajaran inovatif dan pendekatan intensif, diharapkan siswa dapat secara perlahan mampu mengembangkan potensi belajar sekaligus meningkatkan kematangan dalam menentukan kelanjutan pendidikan sesuai arahan dari para tutor privat yang kompeten di bidangnya.



Leave a reply

2 × five =