Les, Guru, Tutor Privat kimia di Jakarta


Memahami Mata Pelajaran Kimia Lebih Mudah dengan Mengikuti Les Privat

Mata pelajaran kimia merupakan salah satu dari cabang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Seperti halnya matematika dan fisika,kimia juga tidak bisa dikatakan sebagai mata pelajaran yang mudah. Ketiganya memiliki ciri dan karakteristik yang hampir sama. Jika fisika beroreintasi pada gejala-gejala alam, maka kimia lebih condong pada hasil dari suatu percobaan-percobaan ilmiah. Pengertian sederhananya kimia dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari rekayasa materi seperti misalnya mengubah materi menjadi materi lain. Secara lengkapnya, ilmu kimia adalah ilmu mempelajari tentang susunan, struktur, sifat, perubahan serta energi yang menyertai perubahan suatu zat atau materi. Zat atau materi itu sendiri adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Ilmu kimia bersama-sama ilmu-ilmu yang lain telah memberikan banyak manfaat kepada manusia, baik dalam bidang kesehatan, teknik, pertanian, pangan dan kosmetika. Ilmu kimia telah berkembang pesat seiring dengan kemajuan teknologi.

Di sekolah, mata pelajaran kimia mulai dikenalkan di tingkat Sekolah Menengah Pertama. Pada dasaranya dalam bidang studi kimia yang dipelajari adalah materi dan perubahannya. Semua konsep yang ada dalam kimia bersifat abstrak. Selain itu juga konsep kimia merupakan konsep yang berjenjenjang, yaitu dari konsep yang sederhana ke konsep yang lebih kompleks. Banyak siswa yang mengatakan bahwa kimia itu sulit, dan rumit itu dikarenakan konsep kimia yang sifatnya abstrak.

Dalam pembelajaran kimia, ada banyak hal-hal yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Untuk mempermudah siswa belajar kimia, salah satu caranya yaitu dengan menghubungkan pelajaran kimia itu dengan kehidupan sehari-hari sehingga akan terasa manfaatnya bagi siswa dan bagi guru. Namun keadaan ini bukan berati tanpa kendala yang menghambat proses belajar siswa. Maka tidak sedikit siswa yang terdorong untuk melakukan upaya pengembangan kualitas belajar mereka. Upaya tersebut bisa dicapai dengan mengikuti pendidikan non formal seperti lembaga les privat. Apa yang didapat di les privat belum tentu bisa didapat di sekolah konvensional. Mengapa demikian? Karena di les private siswa akan beriteraksi secara langsung dengan fasilitator. Dengan begitu, tingkat pemahaman siswa akan berjalan lebih efektif. Terlebih jika para tutor les privat sudah kompeten di bidangnya. Ada banyak metode pembelajaran di les privat. Sebagai contohnya yaitu metode pendekatan pembelajaran kontekstual. Pendekatan pembelajaran kontekstual mempraktikkan konsep belajar yang mengaitkan materi yang dipelajari dengan situasi dunia nyata siswa. Siswa secara bersama-sama membentuk suatu sistem yang memungkinkan mereka melihat makna di dalamnya. Pembelajaran kontekstual mengasumsikan bahwa secara natural pikiran mencari makna konteks sesuai dengan situasi nyata lingkungan seseorang melalui pencarian hubungan masuk akal dan bermanfaat. Maka jelas dalam hal ini, siswa akan memiliki harapan dalam kaitanya mendapatkan proses pembelajaran yang lebih baik dengan mengikuti les privat.

 



Leave a reply

thirteen + 19 =